Tips Memilih Rumah Kos Yang Nyaman

Spread the love

Pada pembahasan kali ini akan membahas tentang apa itu indekos atau rumah kos dan bagaimana tips untuk mendapatkannya dengan tepat. Indekos ini adalah sebuah tempat atau kamar yang disewakan kepada seseorang dengan biaya pembayarannya pada setiap periode tertentu pada umumnya pembayarannya dilakukan per bulan atau per tahun.

Indekos ini yang sering disebut kos-kosan atau kamar kos yang merupakan salah satu dari persewaan kamar yang sangat umum di Indonesia. Menurut KBBI pengertiannya adalah tinggal di tempat orang lain dan dengan ataupun tanpa makan dan membayarnya setiap bulan. Hal ini berarti menyewa sebuah kos sama dengan menyewa sebuah kamar. Namun tak sedikit juga pemilik kos yang menawarkan pula fasilitas makan dan ada pula yang tidak.

Ketika seseorang menyewa sebuah kamar kos maka akan dibebankan dengan biaya pembayarannya pada setiap periode tertentu. Pada umumnya pembayaran kos ini dilakukan pada setiap bulan. Fasilitas yang diberikan oleh kamar kos ini yang ada di dalamnya yaitu seperti dapur, ruang televisi, area parkir, ataupun ruang laundry yang dapat digunakan bersama dengan seluruh penghuni kos. Untuk fasilitas kamar mandi sendiri ada yang terletak di dalam kamar ada pula yang di luar kamar.

Jenis dan Tipe Kos

Kos-kosan yang biasanya sengaja dibangun di sebuah bangunan induk dan berdiri sendiri. Akan tetapi ada pula kos yang ruangannya terletak di bawah rumah milik pemilik bangunan, sehingga Anda akan tinggal bersama dengan keluarga pemilik rumah atau bangunan tersebut. Di samping itu, indekos ini pun juga terdiri dari beberapa jenis tertentu. Untuk tipe indekos ini pada umumnya ditemui di Indonesia yaitu diantaranya, tipe kos berdasarkan jenis kelamin atau gender, tipe kos berdasarkan dengan harga, dan tipe kos berdasarkan dengan bentuknya.

Tips Memilih Kos Yang Nyaman Bagi Mahasiswa

Kos-kosan ini banyak sekali dicari oleh mahasiswa. Di mana biasanya banyak mahasiswa yang memilih kuliah di perguruan tinggi yang berasal dari luar kota tempat kampusnya berada. Dan sedikit pula mahasiswa yang kuliah di dalam kotanya sendiri. Maka bila berada di luar kota tentunya sangatlah membutuhkan kos untuk tempat tinggal. Akan tetapi dalam memilih tempat kos ini bagi mahasiswa jangan sembarangan. Sebab, tempat kos nantinya akan menjadi tempat tinggal yang utama pada saat belajar di Universitas. Saat ini mahasiswa sudah dituntut untuk lebih mandiri untuk proses pembelajaran.

Bagi Anda yang sedang mencari rumah kos maka jangan sembarangan. Ada beberapa tips untuk memilih kamar untuk kos ini yang dapat Anda gunakan.

  1. Cek Lokasi Kos

Hal pertama yang terpenting dalam memilih kos yaitu cek lokasinya. Hal tersebut karena, lokasi adalah bagian yang sangatlah penting. Maka sangat disarankan bagi Anda yang akan memilih lokasi kos pilihlah yang dekat dengan tempat kuliah. Sebagai mahasiswa, tentunya jadwal kuliah mungkin lebih santai. Maka pada saat Anda selesai kuliah dan ingin berangkat kuliah maka dapat langsung menuju ke kos. Maka dari itu, pastikan dulu bahwa lokasi kos Anda dekat dengan kampus.

Cek terlebih dulu apakah lokasi kos tersebut jauh dari kampus atau tidak. Jarak idealnya setidaknya sekitar 2-4 Km dari kampus. Akan tetapi bila Anda tidak mempunyai kendaraan maka sangat disarankan untuk mencari tempat kos yang lebih dekat, kurang lebih 500 m dari kampus. Lokasi kos sangat disarankan yang strategis dan dekat dengan keramaian.

  1. Ukuran Kamar

Sekarang ini, banyak sekali tempat kos yang kurang nyaman. Mengapa? Sebab banyak sekali beredar tentang informasi kos yang kurang layak ditinggali. Dan bahkan biasanya dari ukuran kamarnya sendiri yang berukuran hanya 2×2 meter saja. Coba bayangkan bagaimana mungkin jika Anda dapat nyaman berada di sebuah tempat seperti ini. Maka dari itu, Anda dapat mencari tempat kos yang sangat cocok untuk Anda pilih.

Maka sebaiknya pilihlah ukuran kamar yang berukuran minimal 3×3 meter. Di mana ukuran tersebut termasuk sangat layak untuk dapat digunakan. Sebab tidak sempit dan juga dapat menyimpan barang meskipun terbatas. Misalnya seperti pakaian, keperluan kuliah dan lainnya. Dengan ukuran ini termasuk layak jika ada teman Anda yang datang untuk sekedar mengerjakan tugas secara bersama. Maka pastikan juga Anda untuk mengecek ukuran kamarnya terlebih dulu.

  1. Cek Kelengkapan Fasilitas

Bagi yang akan kos tentunya harus terlebih dulu memperhatikan sebetul-betulnya akan fasilitas yang diberikan. Sebab saat ini makin dibutuhkan fasilitas-fasilitas yang digunakan untuk menunjang perkuliahan. Dan juga untuk mendapatkan kenyamanan hunian yang layak untuk digunakan. Maka alangkah baiknya jika Anda bertanya tentang fasilitas apa yang tersedia. Bahwa setidaknya, Anda tanyakan dulu tentang fasilitas-fasilitas apa saja yang akan didapatkan. Apalagi untuk fasilitas WIFI yang sangatlah dibutuhkan oleh mahasiswa.

Sebelum memilih tempat tersebut untuk kos, maka tanyakan dengan pemilik rumah kos, apakah menyediakan WIFI. Kemudian tanyakan juga bagaimana untuk listrik dan juga airnya. Semua hal memang harus ditanyakan terlebih dulu secara detail. Supaya tidak ada permasalahan yang nantinya akan terjadi setelah Anda membayar kos tersebut.

  1. Dapur

Tips berikutnya dalam memilih kos yaitu tentang dapur. Bagi anak kos walaupun sebagai mahasiswa tentunya pasti membutuhkan dapur. Hal ini sepertinya semua anak kos memerlukan dapur ini. Maka dari itu, untuk pemilihan tempat kos ini usahakan dengan fasilitas dapur. Maka dengan kelengkapan fasilitas dapur ini tentunya akan sangat membantu. Misalnya untuk memasak air, mie instan, dan yang lainnya. Khusus untuk fasilitas dapur ini memang tidak sepenuhnya diberikan kepada anak kos oleh pemilik kosnya.

Maka untuk fasilitas ini Anda pun juga harus bertanya dengan lengkap kepada pemilik kos tentang dapur terutama untuk penggunaan kompornya dan gasnya. Apakah akan dibelikan oleh si pemilik kos atau anak kos yang akan membelinya sendiri. Hal ini penting juga untuk ditanyakan.

  1. Fasilitas Kamar Mandi

Salah satu fasilitas yang termasuk dalam fasilitas penting lainnya dan harus diperhatikan yaitu kamar mandi. Di mana untuk pemilihan kos ini yang harus diperhatikan yaitu kamar mandi. Sebab kamar mandi ini menjadi daerah yang harus dicek di awal terlebih dulu. Cek terlebih dulu apakah kamar mandi dalam keadaan dan kondisi yang layak, sebab jika berdebu ataupun kotor dan berlumut maka akan sangat mengganggu untuk Anda gunakan.

Maka sebaiknya untuk memilih rumah kos yang memberikan fasilitas kamar mandi yang layak pakai. Sebab hal ini juga untuk kepentingan Anda sendiri. Sebab jika saudara atau teman Anda dan orang tua Anda melihat kamar mandi yang akan digunakan kotor maka sangat tidak menyenangkan. Maka sangat disarankan untuk memilih kos dengan kamar mandi di dalam kamar. Fungsinya supaya Anda tidak harus berebut ketika akan memakai kamar mandi.

Related Post