Beli Rumah Atau Sewa Rumah? Berikut Keuntungannya

Spread the love

Memiliki rumah menjadi impian yang sangat ingin diwujudkan oleh masyarakat, tetapi untuk mewujudkan impian tersebut tidak mudah karena harga rumah saat ini cukup mahal. Meskipun begitu Bukan berarti masyarakat tidak bisa tinggal di rumah karena masyarakat bisa memilih untuk menyewa ataupun membeli rumah yang sudah jadi.

Ada banyak masyarakat yang merasa bingung ingin memilih untuk menyewa rumah atau membeli rumah, sebenarnya kedua pilihan tersebut ada kebutuhan dan ada kerugiannya sendiri. Untuk masyarakat yang masih bingung memutuskan memilih dari satu pemilihan tersebut maka sebaiknya pada ulasan berikut mengenai keuntungan dan kerugian sewa rumah dan membeli rumah.

Keuntungan Membeli Rumah Sendiri

Membeli rumah memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan karena ada beberapa persiapan yang harus dilakukan dan salah satu persiapan yang wajib untuk dilakukan adalah mempersiapkan uang untuk membeli rumah. Dengan membeli rumah nantinya bisa merasakan keuntungan seperti di bawah ini.

  • Investasi Jangka Panjang

Rumah yang sudah menjadi milik pribadi bisa menjadi investasi untuk jangka panjang, pemilik rumah bisa menjual rumah tersebut kalau memang sedang membutuhkan uang. Harga properti seperti rumah tidak mungkin akan turun, setiap tahunnya harga rumah berikut tanah pasti akan naik sehingga kalau menjual pasti akan memperoleh laba.

  • Bisa Diwariskan

Keuntungan lainnya yaitu pemilik rumah kalau memang tidak ingin menjual rumah tersebut bisa mewariskan rumah yang dimiliki kepada anak. Jadi nantinya orang tua tidak perlu merasa bingung kalau terjadi hal yang tidak diinginkan karena anak sudah pasti memiliki tempat tinggal yang nyaman tanpa harus membeli rumah lagi.

  • Bisa Menjadi Jaminan Pinjaman

Pemilik rumah juga bisa memanfaatkan sertifikat rumah dan juga sertifikat tanah untuk menjadi jaminan pinjaman dana di Bank ataupun di perusahaan pembiayaan lainnya. Kalau yang menjadi jaminan adalah sertifikat rumah pasti tidak akan sulit mendapatkan pinjaman dalam jumlah yang banyak karena pihak bank ataupun perusahaan pembiayaan tidak takut memberikan dana banyak dikarenakan ada jaminan.

Kerugian Yang Dialami Kalau Beli Rumah

Meskipun nantinya bisa merasakan keuntungan dari pembelian rumah atau kepemilikan rumah pribadi Tetapi ada juga kerugian yang nantinya bisa dirasakan pemilik rumah. Untuk tahu kerugian tersebut apa saja maka baca terlebih dahulu ulasan berikut ini.

  • Harus Mengeluarkan Banyak Uang

Seperti yang sudah disinggung di atas tadi Kalau membeli rumah itu membutuhkan uang yang cukup banyak jumlahnya. Harga rumah bisa sangat mahal dikarenakan lokasi rumah ataupun luas bangunan dan juga luas tanah. Harga rumah di daerah perkotaan bisa mencapai ratusan juta jadi kalau ingin membeli sudah pasti harus menabung atau menjual properti lain untuk mendapatkan rumah tersebut.

  • Biaya Perawatan Mahal

Selain harus mengeluarkan uang untuk bisa mendapatkan rumah ternyata masyarakat juga diharuskan untuk mengeluarkan uang yang nantinya dipakai untuk perawatan rumah. Perawatan tersebut memang harus dilakukan jika rumah yang dibeli bukan rumah baru. Biasanya ada beberapa bagian di dalam rumah yang mengalami kerusakan dan harus cepat diperbaiki agar rumah tersebut bisa nyaman untuk ditinggali.

Keuntungan Menyewa Rumah

Untuk masyarakat yang tidak ingin membeli rumah bisa juga mendapatkan rumah dengan cara menyewa rumah. Meskipun nantinya rumah bukan milik pribadi tetapi ada juga keuntungan yang diperoleh dari menyewa rumah dan berikut adalah keuntungan tersebut.

  • Tidak Harus Punya Banyak Uang

Menyewa rumah tidak membutuhkan uang sebanyak yang dibutuhkan untuk beli rumah, kalau beli rumah bisa membutuhkan uang ratusan juta dan untuk menyewa tidak perlu sampai sebanyak itu. Uang yang dibutuhkan untuk menyewa rumah hanya puluhan juta dan bahkan ada rumah yang harga sewanya cuma jutaan saja. Biasanya rumah tersebut berada di daerah pedesaan.

  • Bebas Bayar Pajak

Masyarakat yang menyewa rumah juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar pajak, pihak yang nantinya akan membayar pajak adalah pemilik rumah atau orang yang menyewakan rumah. Penyewa rumah cukup tinggal saja setelah membayar uang sewa dan tidak diwajibkan untuk membayar pajak pembelian properti setiap tahunnya.

Kerugian Menyewa Rumah

Menyewa rumah memang ada keuntungannya tetapi juga ada kerugian yang nantinya akan dirasakan penyewa rumah. Kalau ingin tahu apa saja kerugian dari menyewa rumah bisa lihat penjelasan singkat berikut ini.

  • Harus Memperbaiki Rumah

Meskipun bukan milik sendiri tetapi penyewa rumah diharuskan untuk memperbaiki rumah apabila ada yang rusak. Kerusakan yang umumnya harus diperbaiki penyewa adalah kerusakan-kerusakan kecil seperti genteng bocor ataupun kran air yang rusak.

  • Mengeluarkan Uang Tambahan

Penyebab juga akan mengeluarkan uang lagi apabila akan pindah kontrakan, uang yang dikeluarkan tersebut untuk membayar jasa pindah rumah dan juga untuk menyewa rumah yang baru lagi. Masyarakat harus mengeluarkan uang tersebut tergantung dari masa sewa rumah yang sudah disepakati pihak penyewa dan juga pemilik rumah.

Related Post