5 Cara Mencari Rumah Kost Dekat Kampus

Spread the love

Mencari tempat kost memang menjadi hal yang sangat penting karena akan menentukan Bagaimana kehidupan saat sudah menjadi mahasiswa nantinya. Biasanya mahasiswa lebih suka tinggal di tempat kost yang letaknya berdekatan dengan kampus atau universitas. Jika sudah dekat dengan kampus pastinya tidak akan sulit untuk berangkat kuliah.

Untuk mendapatkan tempat kost yang seperti itu memang agak sulit karena tempat kost yang lokasinya strategis pasti selalu penuh penghuni dan untuk mahasiswa baru bisa membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan tempat seperti itu.

Langkah Jitu Mendapatkan Kost di Sekitar Kampus

Untuk mahasiswa yang tinggal agak jauh dari kampus pastinya lebih memilih untuk tinggal di kost daripada berangkat dari rumah. Agar nantinya tidak kesulitan saat berangkat biasanya tempat kost yang dipilih mahasiswa adalah tempat kost yang letaknya berdekatan dengan kampus.

Jika mahasiswa tinggalnya bukan di kota tempat Universitas berada pastinya akan sangat sulit mendapatkan informasi mengenai tempat kost terdekat. Kalau memang kondisinya seperti itu maka mahasiswa baru bisa mencoba beberapa tips yang akan diulas secara lengkap berikut ini agar cepat memperoleh kost-kostan.

  • Bandingkan Harga

Mahasiswa diharuskan untuk membandingkan harga sewa kamar kost sebelum memutuskan untuk memilih tempat kost. Mahasiswa harus membandingkan semua tempat kost yang berada di sekitar kampus agar nantinya bisa mengetahui tempat kost mana yang harganya paling murah dan masuk akal.

Membandingkan harga ini juga akan membantu mahasiswa untuk bisa mengetahui berapa dana yang harusnya dimiliki untuk bisa mendapatkan kamar kost yang sesuai. Kalau memang ingin melakukan survei mengenai harga ini bisa langsung mengunjungi tempat kost atau bisa juga bertanya kepada teman yang sudah tinggal di kost-kostan.

  • Cek Lokasi Tempat Kost

Semua mahasiswa pastinya ingin sekali bisa memperoleh tempat kost yang posisinya dekat sekali dengan kampus karena tinggal di tempat tersebut bisa mempermudah mahasiswa kalau ingin berangkat kuliah. Sebenarnya lokasi tempat kost tidak harus dekat sekali dengan kampus tetapi pilihlah tempat yang lokasinya strategis.

Tempat kost bisa dikatakan strategis lokasinya apabila tempat tersebut dekat dengan fasilitas-fasilitas umum seperti jalan raya dan juga pusat perbelanjaan. Meskipun lokasinya agak jauh dari kampus tetapi dekat dengan jalan raya maka tidak sulit juga untuk berangkat kuliah karena akses jalan ke kampus sangatlah mudah.

  • Perhatikan Fasilitas Yang Ada

Sebelum memutuskan untuk tinggal di kost sebaiknya mencari informasi mengenai fasilitas yang disediakan oleh tempat kost. Setiap tempat kost pastinya menyediakan fasilitas yang berbeda-beda dan mahasiswa harus memilih tempat yang menyediakan fasilitas terlengkap dan juga terbaik.

Tempat kost bisa dikatakan bagus apabila sudah memiliki fasilitas seperti ranjang, kasur, lemari, gorden, AC, kamar mandi, dapur dan juga tempat parkir. Tempat kost yang sudah mempersiapkan atau menyediakan fasilitas-fasilitas tersebut memang harga sewanya agak mahal tetapi tidak menjadi masalah karena tinggal di tempat kost tersebut pasti sangat nyaman.

  • Perhatikan Ukuran Kamar

Mahasiswa juga diharuskan untuk memperhatikan berapa luas atau ukuran kamar kost yang akan ditempati. Banyak kamar kost yang ukurannya sangat sempit dan sangat tidak nyaman untuk ditinggali karena ruang gerak sangat terbatas dan tidak bisa menyimpan banyak barang di dalam kamar.

Agar nantinya nyaman saat berada di kamar sebaiknya pilih kamar yang memiliki ukuran 3 x 3 meter, kamar dengan ukuran seperti itu memang nyaman tetapi tidak terlalu luas ukurannya. Jika memang ingin yang luas sebaiknya pilih kamar kost yang diperuntukkan untuk 2 orang tetapi bisa disewa untuk satu orang.

  • Perhatikan Lingkungan Tempat Kost

Mahasiswa juga perlu mengamati lingkungan sekitar tempat kost berada, faktor ini menjadi yang penting karena bisa menentukan keamanan dan juga kenyamanan saat tinggal di tempat kost. Sekarang banyak tempat kos yang ada di lingkungan kurang bagus seperti lingkungan banyak sampah dan juga banyak orang-orang yang suka nongkrong tidak jelas.

Tinggal di tempat yang seperti itu sudah pasti tidak akan betah karena barang yang dimiliki Ada kemungkinan hilang dan juga tetangga sekitar kost banyak yang tidak ramah. Kalau memang ingin yang nyaman dan yang bagus maka tempat kost yang harusnya dipilih berada di Perumahan.

Tips Hidup Di Rumah Kost Agar Nyaman

Tinggal di kost-kostan memang tidak senyaman tinggal di rumah karena harus mencari makanan, sendiri, harus mencuci sendiri, harus menyetrika sendiri dan juga tidur sendirian. Banyak mahasiswa yang lebih suka keluar dari tempat kost dikarenakan tidak betah dan memilih berangkat dari rumah meskipun jaraknya cukup jauh.

Sebenarnya tidak perlu melakukan hal seperti itu karena kamar kost bisa nyaman untuk ditinggali apabila merubah suasana kamar tersebut seperti suasana kamar yang ada di rumah. Untuk cara merubah suasana cukup mudah yaitu dengan meletakkan barang-barang yang biasanya ada di dalam kamar rumah atau bisa juga berupa cat kamar kost.

Related Post