7 Tips Membuat Kost-Kostan yang Nyaman

Spread the love

Menjalankan bisnis memang menjadi salah satu cara termudah untuk mendapatkan keuntungan dan saat ini sudah banyak bidang bisnis yang bisa dijalani. Salah satu bidang bisnis yang dapat dicoba masyarakat Indonesia adalah bisnis properti seperti menyewakan kamar kost. Bisnis ini sangat menjanjikan apalagi kalau dilakukan di daerah perkotaan.

Kalau memang tertarik untuk menjalankan bisnis ini maka harus benar-benar melakukan persiapan matang dari mulai membangun rumah kost. Agar nantinya tidak kesulitan saat membangun rumah kost maka perlu membaca ulasan berikut terlebih dahulu.

Langkah Membuat Rumah Kost Yang Benar

Bisnis kost-kostan memang menjanjikan keuntungan yang melimpah tetapi untuk menjalankan bisnis ini membutuhkan modal yang cukup besar. Karena modal yang dibutuhkan cukup banyak jumlahnya membuat banyak masyarakat enggan untuk menjalankan bisnis yang satu ini. Padahal kalau berhasil menjalankan bisnis kost ini, modal akan cepat kembali.

Salah satu kunci sukses untuk menjalankan kost-kostan adalah dengan membangun rumah kost yang bagus dan juga nyaman untuk dihuni. Agar bisa membuat rumah yang seperti itu maka harus mengikuti beberapa tips yang akan dijelaskan berikut ini.

  • Membuat Desain Terlebih Dahulu

Sebelum membangun rumah diharuskan untuk membuat desain rumah terlebih dahulu, jika memang tidak memiliki kemampuan untuk membuat desain maka bisa memanfaatkan jasa arsitek untuk membantu membuatkan desain tersebut. Saat membuat desain ini harus memperhatikan tata letak ruangan dan juga fasilitas-fasilitas yang akan disediakan di rumah kost.

  • Membuat Pondasi

Setelah desain berhasil dibuat maka langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah membuat pondasi rumah. Meskipun rumah yang dibangun hanya satu tingkat tetapi ada baiknya untuk meminta ahli bangunan untuk membangun pondasi bertingkat. Pondasi tersebut harus dibuat agar rumah lebih kokoh dan juga kuat dan juga agar rumah bisa menampung banyak penghuni kost.

  • Terapkan Gaya Rumah Minimalis

Kalau ingin rumah kost banyak penghuninya maka gaya rumah jangan disamakan dengan rumah yang biasa dihuni untuk pribadi tetapi gaya rumah tersebut harus yang minimalis. Gaya minimalis harus dipilih karena rumah minimalis terlihat lebih nyaman dan juga lebih bersih dan tidak membutuhkan banyak biaya untuk membuat rumah tersebut. Selain itu juga perlu perhatikan material yang digunakan rumah awet.

  • Pilih Lokasi Yang Tepat

Kalau ingin membangun rumah sebaiknya perhatikan lokasi pembangunan rumah tersebut Jangan memilih lokasi sembarangan karena bisa menentukan sukses dan tidaknya bisnis kost ini. Agar bisnis ini bisa mendatangkan keuntungan maka bangun rumah kost di lingkungan yang aman dan juga dekat dengan fasilitas umum seperti jalan raya, sekolah dan rumah sakit.

  • Lengkapi Fasilitas Rumah

Agar nantinya banyak yang berminat untuk menyewa kamar sebaiknya lengkapi fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan penghuni kamar. Contoh fasilitas yang harusnya disediakan oleh pemilik rumah kost adalah kamar mandi, dapur, tempat jemuran, tempat parkir dan juga ruang untuk bersantai. Selain itu juga perlu melengkapi furniture di dalam kamar seperti lemari, kasur dan juga ranjang.

  • Membuat Area Terbuka

Agar suasana di rumah kost tidak terlalu membosankan maka pemilik rumah diwajibkan untuk membuat yang dapat digunakan penghuni kost untuk menghilangkan penat dan juga menghirup udara segar. Kalau rumah kost dibangun di lahan yang cukup luas maka bisa buat halaman di depan rumah dan bisa juga membuat rooftop yang bisa dipakai penghuni kos untuk menjemur ataupun bersantai.

  • Pastikan Rumah Kost Nyaman dan Bersih

Membangun kost-kostan bukan hanya mementingkan luas kamar kost saja tetapi juga harus memperhatikan kebersihan rumah. Meskipun rumah kos luas tetapi kalau tidak bersih maka yang mempunyai tidak mungkin akan betah dan juga merasa nyaman. Agar rumah tetap terlihat bersih maka sediakan tempat pembuangan sampah ataupun alat-alat yang bisa digunakan untuk membersihkan rumah.

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Rumah Kost

Menjalankan bisnis memang tidak mudah apalagi bisnis yang dijalankan menjual jasa seperti bisnis kost-kostan. Saat menjalankan bisnis ini tidak hanya memikirkan keuntungan diri sendiri saja tetapi harus memikirkan kenyamanan dan juga kepuasan penghuni kost. Agar bisnis ini dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan keuntungan maka perlu mencoba tips berikut ini.

  • Pasang Biaya Sewa Kamar Yang Wajar

Untuk sukses menjalankan penyewaan kamar kost maka harus memperhatikan biaya sewa jangan sampai mematok biaya yang terlalu mahal. Biaya sewa tersebut harus dibuat berdasarkan lokasi rumah kost, luas kamar kost, fasilitas kamar kost dan juga akses ke rumah kost. Selain itu juga harus melihat pesaing agar nantinya tidak memasang biaya yang terlalu mahal.

  • Jaga Keamanan dan Juga Kebersihan Kost

Suksesnya bisnis ini bukan saja dikarenakan biaya sewa yang murah tetapi juga dikarenakan kebersihan dan juga keamanan yang selalu terjaga. Agar rumah kost tetap bersih dan juga selalu aman maka harus memperkerjakan orang untuk menjaga keamanan dan juga bersih-bersih rumah kost.

Related Post